Thursday, September 20, 2007

Ratu Pantai Selatan


Lukisan wanita yang terpasang di dinding kamar hijau itu memang kelihatan cantik,keahlian sang pelukis membuat sang ratu seakan ingin menyapa dari balik samudra yang ganas, tapi sang ratu tetap tersenyum dan memamerkan rambutnya yang hitam terurai.

Wanita yang hidup dalam legenda masyarakat indonesia ini dan masyarakat jawa pada khususnya,konon,adalah seorang putri dari Kerajaan Padjajaran yang terkena kutukan sihir jahat (padahal hanya terkena penyakit kulit sehingga kulitnya bersisik) kemudian melarikan diri ke arah selatan sampai akhirnya diambil oleh ombak pantai selatan utk kemudian menjadi penguasanya. Adlah Panembahan Senopati dan Sultan Agung,para Raja Mataram, yang kemudian menjadikan ratu pantai selatan sebagai istri, utk alat mempertahankan kepercayaan rakyat thd raja,terbukti Sultan Agung tdk dpt memenangkan peperangan dgn Belanda walaupun dgn "bantuan" Ratu Roro Kidul,dan masih sampai saat ini semua raja2 Jawa adalah suami dari KAnjeng Ratu pantai selatan.Mungkin itu juga sebab nya julukan Nyai juga menjadi salah satu nama penguasa ratu selatan,krn Nyai adalah panggilan yg ditujukan kepada wanita simpanan atau istri yang tdk sah.

Masyarakat percaya bahwa penampakan2 sang Ratu masih sering terjadi dibeberapa tempat di sepanjang PAntai Selatan pulau Jawa,salah satu tempat itu adalah disebuah kamar dimana lukisan Sang Nyai berada,di kamar nomor 308 Hotel Samudra Indonesia, Pelabuhan Ratu.
pengkhususan salah satu kamar hotel ini sebagai tempat persembahan utk Nyai Roro Kidul adalah atas perintah Presiden Soekarno,seorang pemimpin Indonesia modern yg mendapat wangsit dari sang ratu, utk mengkosongkan sebuah kamar yg didepannya tumbuh sebuah pohon ketapang dan menghadap langsung ke laut selatan. Tampaknya Sang pemimpin Indonesia modern ini masih berusaha mengikuti jejak pendahulunya,para raja Mataram.

Didalam kamar yg serba hijau itu terdapat banyak sesajen atau persembahan kpd Nyi Roro Kidul,ada permintaan-permintaan yang ditulis didaun lontar yg tak terhitung banyak nya,ada yg meninggalkan foto copy akte kelahiran dan tanah seluruh keluarganya,diatas ranjang yg ditutup dgn seprei warna hijau itu ada beberapa setel pakaian yang juga berwarna hijau,menurut keterangan salah seorang pegawai disana pakaian itu adalah persembahan dari orang2 yang pengen jadi artis..Dan ada juga setumpuk AlQuran di atas meja.

1 comment:

Anonymous said...

kemarin wis ke kaliurang kan... cerita kaliurang, kasian blog e gak diisi lagi..